13442354_1775384006079176_8025570437353236494_n

Sering kita mendengar bahwa memimpin adalah tentang mempengaruhi orang lain. Maka tak heran, jika kalimat ini menjadi kalimat pembuka untuk sebuah training kepemimpinan. Materi-materi yang dibawakannya pun terkait dengan mempengaruhi orang lain.

Pendekatan tersebut adalah benar adanya. Memang memimpin adalah tentang mempengaruhi seseorang. Namun ketika kita sudah menginjak lapangan bisnis, kita perlu menajamkan dimensi keberpengaruhan seseorang dalam pemimpin.

*****

Pengaruh pertama adalah pengaruh pada fikiran orang-orang yang dipimpinnya. Maka terlibatlah berbagai ilmu pemrograman fikiran dengan pendekatan linguistik. Hal ini memang menjadi dasar keterampilan pemimpin. Bagaimana mengkomunikasikan ide, meyakinkan tim atas mimpi, memotivasi mereka dan terus membubuhkan semangat positif didalam diri anggota.

Namun pengaruh pada fikiran saja tidak cukup. Terkadang, anggota tim sudah bersemangat, sudah faham, sudah terinspirasi, namun tak juga kunjung bergerak. Entah karena hambatan mental atau karena sistem kerja yang tidak mendukung.

Maka seorang pemimpin harus melompat pada dimensi pengaruh berikutnya : Pengaruh pada Gerak tim.

Bergerak. Gerakan. Movement.

Ini yang menjadi tantangan banyak leader hari ini. Bagaimana membuat anggota tim mau bergerak untuk melaksanakan misi organisasi. Bagaimana membuat tim mau memberikan kontribusi terbaik dari dalam diri merka. Bagaimana membuat tim mau memberikan energinya untuk organisasi.

Di titik ini, makin sedikit pemimpin yang mampu memberikan pengaruh pada gerak.

Maka tak jarang kita melihat beberapa leader setingkat manager yang kerjaannya hanya ngamuk-ngamuk didepan timnya yang tak kunjung bergerak. Saya menilai, kesalahan bukan pada kemampuan timnya, namun pada lemahnya keterampilan sang pemimpin untuk punya aruh gerak pada anggotanya. Andaipun tim memang tidak mampu, tugas seorang leaderlah uang harus memampukam mereka. Atau, Sang pemimpin gagal untuk menekan tombol gerak anggotanya.

Oke, lanjut…

Kalaupun sudah punya pengaruh gerak, banyak yang tidak menyadari bahwa seorang leader juga harus memiliki pengaruh pada hasil. Dan pada lapangan bisnis, hasil itu tercermin dari scoreboard yang ada. Apakah seorang pemimpin mampu membawa organisasi mencetak sales yang optimal? Apakah seorang pemimpin mampu melakukan efisiensi? Apakah seorang pemimpin punya pengaruh pada peningkatan gross profit?

Maka, sebuah gerakan organisasi yang sibuk dan terlihat lelah, belum tentu mencetak hasil yang baik.

Saya ingin mengingatkan, kepada para pemimpin bisnis, bahwa berhasil mempengaruhi fikiran dan gerak saja tidaklah cukup. Anda juga harus mulai berfikir akan pengaruh pada hasil.

Maka, cobalah tarik garis sedari awal, fikiran seperti apakah yang harus aku tanam didalam diri timku, agar target bisnis tercapai?

Lalu gerakan seperti apa yang harus aku program pada departemenku, sehingga hasil kerjanya akan memenuhi target.

*****

Ketika trilogi pengaruh pemimpin ini mampu difahami oleh setiap leader. InsyaAllah, Saya yakin, organisasi bisnis Anda akan berjalan efektif.

Bagaimana caranya?

Ikuti terus tulisan di Zidclub dengan daftar http://bit.ly/daftarzidclub

Rendy Saputra
CEO KeKe Busana
www.TerasKeKe.com

*****

KUBIK akan melaksanakan Training khusus para leader perusahaan di 16-17 Juni ini. Bagi yang tertarik, sila ketik “ikut impaction” kirim ke 081288407094 Zidclub Officer

Rendy Saputra
Menjadi Direktur KeKe Busana, tidak menghalangi Rendy Saputra untuk menjadi pembicara publik di bidang manajemen, industri dan pengembangan diri. Kang Rendy juga menjadi host di acara TV “Mentoring Bareng Kang Rendy” di YMTV. Anda bisa terhubung dengan Kang Rendy lewat twitter dan email berikut.
ILMU ITU REZEKI
HADAPI ANGKA-NYA, JANGAN LARI!

Tagged on:                                     

Comments