13600194_1787290001555243_753076690522028822_n

Sebagai pecinta film Indonesia, kita tentu mengenal sepak terjang MD Entertainment dalam menggarap film layar lebar. Setelah sukses menggarap Habibie Ainun, MD kemudian menghadirkan banyak film layar lebar yang dapat diterima pasar dengan baik.

Kali ini, Production House besutan Pak Manoj Punjabi ini menggarap sequel film dari Habibie Ainun. Dengan judul Rudy Habibie, MD menghadirkan kisah perjuangan Habibie mulai dari kecil hingga masa kuliah di RWTH Jerman. Saya termasuk penonton yang menikmati film ini di hari pertama.

Tulisan Saya kali ini tidak akan bercerita tentang filmnya. Saya sangat merekkmendasikan film ini untuk ditonton oleh anak muda di usia produktif. Silakan menikmati semangat perjuangan seorang Habibie. Setelah film ini turun, baru saya akan membahasnya detail.

Tulisan kali ini hadir untuk membaca strategi unik yang dihadirkan Pak Manoj. Saya harus akui, produser teladan ini mampu hadir dengan ide-ide segar diluar tebakan kita.

*****

Seth Godin dalam pengajarannya mengatakan bahwa orang tidak membeli barang dan jasa, orang akan membeli cerita, ikatan emosi dan sihir didalam sebuah produk. Saya kemudian menemukan hal ini pada gerak Pak Manoj dalam mengemas film Rudy Habibie.

Beberapa orang yang telah menyaksikan film ini kemudian memuji pak Manoj. Ajaib. Film ini hadir tanpa iklan sama sekali. Tak ada chocolatos. Tak ada make up wardah. Tak ada larutan gazero didalam scrne film. Film ini seakan polos tanpa iklan.

Tetapi sebenarnya, film ini sedang membangun ikatan emosi pada sebuah produk. Dan banyak yang tidak menyadarinya.

Ternyata, jauh-jauh hari sebelum film ini ditayangkan, Pak Manoj sudah berencana untuk menbangun rudyskaffe. Anda bisa menemukannya di instagram. Sehingga, scene Rudy Habibie membawa kopi dan Scene percakapan Ilona dan Habibie tentang kopi adalah sebuah strategi branding yang halus dan mendelusup jiwa. Saya pun jadi penasaran akan rudyskaffe dan ingin mencobanya.

Tidak hanya tentang kopi. Rupanya, pakaian batik kece yang dikenakan Reza pun adalah turunan dari film Rudy Habibie. Saya pun naksir berat dengan motif batik yang terasa gagah dan elegan tersebut. Tak disangka, lewat akun instagram Pak Manoj, ternyata Batik Rudy Habibie bisa didapatkan.

Entah apalagi kejutan yang dihadirkan oleh Pak Manoj dengan Rudy Habibie nya. Bayangkan saja, jika film ini dapat menembus 5 juta penonton, berarti MD telah melakukan pembangunan brand awareness terhadap brand-brand yang berada didalam grup mereka. Efektif sekali. Penonton yang kena iklan bahkan membayar uang tiket dengan sukarela.

Saya tidak membawa kesimpulan bahwa film ini oenuh iklan. Inti tulisan Saya adalah tentang bagaimana story yang kuat mampu menggerakkan sebuah brand.

Ketika kita duduk di rudyskaffe, kita akan merasakan semangat seorang Habibie. Habibie banget gitu. Dan ketika kita memakai batik rudyhabibie, kita berasa jadi Habibie Muda. Mahasiswa RWTH yang lagi kongres di Praha. Hehehehe…

*****

Mungkin strategi ini bukanlah strategi baru. Inilah yang dilakukan disney, marvel, hingga universal studios. Anak-anak kita jadi mendadak senang pakai produk serba frozen. Film tersebut mendadak menjadi sihir yang kuat ke benak dan hati anak-anak kita.

Begitu juga saat kita menonton film-film Marvel, mendadak kita sangat menggandrungi produk-produk dari captain america. Hehehe..

Tulisan ini adalah penyadaran bagi sahabat pebisnis. Jika Anda hanya menjual produk dan jasa. Akan selalu ada perusahaan yang sanggup menghadirkan kualitas yang sama dengan Anda. Bahkan akan ada perusahaan yang mungkin dapat menghadirkannya lebih baik.

Tetapi dengan cerita, Anda dapat membangun ikatan emosi yang sulit digantikan oleh orang lain.

Ikatlah pelanggan Anda dengan cerita. Mulailah berkisah, mulailah menyihir, mulailah membangun ikatan.

Selamat mencoba

Rendy Saputra
CEO KeKe Busana
Http://teraskeke.com

*****

Share.. like.. dan comment ya..

Dapatkan konten eksklusif dari Zid Club dengan mendaftarkan diri Anda ke http://bit.ly/daftarzidclub

Rendy Saputra
Menjadi Direktur KeKe Busana, tidak menghalangi Rendy Saputra untuk menjadi pembicara publik di bidang manajemen, industri dan pengembangan diri. Kang Rendy juga menjadi host di acara TV “Mentoring Bareng Kang Rendy” di YMTV. Anda bisa terhubung dengan Kang Rendy lewat twitter dan email berikut.
KEKUATAN PERTUMBUHAN ORGANIK
LEAD PEOPLE, MANAGE THINGS

Tagged on:                                             

Comments