Meniru dan Berinovasi

Oleh : Rendy Saputra – Managing Derector of KeKe Busana

meniru & berinovasi

Tidak ada yang asli di dunia ini, semuanya adalah hasil tiruan. Karena meniru adalah alamiah manusia. Itu kata pepatah. Terserah apakah Anda setuju atau tidak.
Jika Anda kebingungan dalam menghasilkan sebuah produk, langkah paling mudah adalah meniru produk yang sudah berjalan baik di pasar. Namun tetap diperhatikan, apakah produk tersebut memiliki lisensi hak intelektual atau tidak. Namun sejatinya, Anda cukup menengok produk yang “lagi jalan” di pasar.
Tapi ?perlu diingat, jangan cuma asal tiru, Dan juga harus berinovasi saat meniru produk orang lain. Karena pasar tetap butuh pembeda. Pasar butuh tahu : “apa bedanya produk Anda dengan Produk orang lain”.
***
Paparan diatas seakan hanya untuk mereka yang meniru. Padahal, ?seseorang yang produknya merasa original juga butuh inovasi. Karena lambat laun, produk Anda akan ditiru oleh orang lain.
Maka berinovasi adalah kewajiban dari semua pebisnis. Baik yang sedang meniru, ataupun yang terancam ditiru. Membuka kesempatan terhadap perubahan adalah akar solusi dari dunia yang terus meniru dan ditiru.
***
Selamat berinovasi..
“Di sekolah, mencontek itu buruk, namun di lingkungan industri, “mencontek kebaikan” tetangga adalah kunci pertumbuhan” [KR]
Rendy Saputra
Menjadi Direktur KeKe Busana, tidak menghalangi Rendy Saputra untuk menjadi pembicara publik di bidang manajemen, industri dan pengembangan diri. Kang Rendy juga menjadi host di acara TV “Mentoring Bareng Kang Rendy” di YMTV. Anda bisa terhubung dengan Kang Rendy lewat twitter dan email berikut.
Anger Management
Membentuk Selera Pasar ala NET TV

Tagged on:     

Comments