CEO Words 251015

CEO Words 251015

Seorang ilmuwan, Prof Glucksberg, Princeton University, di tahun 1962 melakukan sebuah penelitian tentang apa yang memotivasi manusia. Dia melakukan uji coba pada dua kelompok. Satu kelompok disebut low drive, disebut low drive karena mereka cukup mengerjakan tugas tanpa sesuatu yang dijanjikan. Kelompok kedua adalah hi drive, mereka dijanjikan sejumlah uang untuk kecepatan mereka dalam menyelesaikan kasus yang diberikan.

Betapa mengejutkan, ternyata kelompok hi drive lebih lambat 13 menit daripada kelompok low drive.

Inilah yang mengejutkan banyak pihak. Ternyata uang terkadang tidak memotivasi manusia. Pemahaman ini membawa beberapa CEO dalam merancang motivasi kerja tim nya, termasuk diri mereka sendiri. Sudah saatnya commission and benefit tidak lagi menjadi satu-satunya cara menggerakkan manusia.

Para pemikir terus bekerja memecahkan misteri ini, apa sebenarnya yang memotivasi manusia? Ternyata jawabannya pada diri manusia sendiri.

Buku berjudul Drive karya Daniel H. Pink, mengemukakan sebuah tajuk yang luar biasa : The Surprising Truth About What Motivate Us. Sebuah kebenaran yang mengejutkan tentang apa yang sebenarnya memotivasi manusia.

Dan Pink meramu setidaknya ada tiga hal yang mendorong manusia dari dalam :

1. Autonomy
The desire to direct our own lives

2. Mastery
The desire to do tbetter and better

3. Purpose
To do things because their matter. Life contribution.

Ternyata, orang-orang hebat didunia ini tidak bergerak karena uang, tetapi karena memang dorongan diri mereka sendiri. Mereka terdorong oleh pilihan hidup mereka sendiri. Mereka bergerak karena pemaknaan atas jalan hidup yang mereka pilih.

Pertanyaannya sekarang?

Apakah jalan hidup yang Anda pilih hari ini adalah pilihan Anda? Apakah Anda telah menemukan makna atas apa yang Anda kerjakan? Apakah ada keinginan di hati Anda, untuk menjadi ahli dalam pekerjaan yang Anda pilih hari ini?

“Stick and Carrot often dont works”
Terkadang hadiah dan hukuman tidak efektif menggerakkan manusia.

Rendy Saputra
Menjadi Direktur KeKe Busana, tidak menghalangi Rendy Saputra untuk menjadi pembicara publik di bidang manajemen, industri dan pengembangan diri. Kang Rendy juga menjadi host di acara TV “Mentoring Bareng Kang Rendy” di YMTV. Anda bisa terhubung dengan Kang Rendy lewat twitter dan email berikut.
Karunia Pagi, Karunia Pagi
Pasti Berbalas

Comments