CEO Words

Sabtu, 18 April 2015

 

Ika Kartika dan Cara Benar Jadi Pengusaha

Beberapa hari yang lalu, Kang Barra, Sekjend TDA (Tangan Di Atas) menghubungi saya via telepon. Kang Barra menyampaikan apresiasi teman-teman TDA atas topik “Cara Benar Jadi Pengusaha” yang Saya Sampaikan beberapa waktu yang lalu.

Topik tersebut memang Saya sampaikan di kelas TDA Samarinda, Balikpapan dan Makasar. Kang Barra pun yang sempat mengikuti Seminar CBJP di Gramedia, menyampaikan apresiasi yang serupa. Alhamdulillah.

“Kang Ren, Saya menawarkan, topik CBJP ini di sampaikan ke seluruh TDA center di Indonesia. InsyaAllah kami TDA Pusat siap bersinergi. Teman-teman yang sudah ikut kelas Kang Rendy merasa topik ini adalah dasar dalam berbisnis. Topik ini juga jadi perbincangan hangat di forum WA TDA Nasional. Nilai-nilai TDA, banyak yang sejalan dengan topik Kang Rendy, Kami rasa, topik ini perlu disebarluaskan”

***

Saya bersyukur kepada Allah atas segala apresiasi yang diluar imajinasi Saya. Alhamdulillah, ternyata topik ini “menusuk” dan memberi warna baru dalam memerangi arus “Cara Hitam” yang banyak dianut oleh pengusaha starter.

Mungkin banyak diantara Anda yang bertanya, apa konsep inti “Cara Benar Jadi Pengusaha”. Ijinkan Saya berbagi sedikit ringkasan konsep utama dari CBJP.

Cara Benar Jadi Pengusaha, setidaknya memiliki 3 konsep inti :

Pertama, Nilai Produk adalah kekuatan utama dari bisnis. Orang membayar manfaat dari produk Anda. Orang memberikan uang untuk menghargai benefit dari produk Anda. Maka kuatkanlah produk Anda, berfokuslah untuk terus memperbaiki produk dan melayani pelanggan.

Kedua, bertumbuhlah secara “organik” dengan menabung profit kedalam modal kerja, setahap demi setahap, perlahan demi perlahan. Hindari “dana sintetis” yang membuat bisnis Anda besar disaat bisnis Anda belum matang.

Ketiga, obsesi berbisnis haruslah lurus dan mendasar. Bisnis adalah pengabdian kepada sesama melalui bisnis yang kita bangun. Dari bisnis, lahirlah produk yang memberi manfaat bagi “market”. Dari bisnis, hiduplah berbagi pihak yang menjadi bagian dari proses bisnis. Dari bisnis, bergeraklah hal-hal yang “tidur”, karena bisnis menggerakan lahan, mengerakan pasar, bisnis bukan hanya menjual, namun juga membeli. Darisanalah ekonomi bergerak.

***

Inspirasi besar CBJP sebenarnya bukan berasal dari diri Saya secara pribadi. Kebersamaan bersama Pemilik KeKe Busana, Ika Kartika, atau yang biasa kami panggil Bunda, telah membentuk pemahaman mendasar dalam diri kami, Generasi Muda KeKe Busana.

Walau kebersamaan kami baru kurang lebih 3 tahun, namun Bunda telah mencontohkan bagaimana cara membangun bisnis yang benar. Bunda mengajarkan kami tentang bagaimana menghadirkan produk yang PANTAS dibeli. Bunda mengajarkan kami tentang bagaimana mendahulukan kepentingan “organisasi bisnis” diatas kepentingan individu.

Dan betapa kami terperangah ketika melihat bisnis ini besar tanpa hutang “sintetis” yang menbelit.

Sebenarnya, topik Seminar Cara Benar Jadi Pengusaha, telah saya bukukan dalam bentuk buku dengan judul “Dua Kodi Kartika”. Buku terbitan Gramedia yang sudah ada di hampir seluruh toko buku Gramedia adalah konsep lengkap dari Cara Benar Jadi Pengusaha. Buku itu berisi 40 kisah kebersamaan Saya bersama Bunda Tika.

Bagi Anda yang mau mendapatkan Buku tersebut, Anda bisa melangkah keToko Buku Gramedia, atau pesan online ke 085956431919.

***

InsyaAllah, dengan dukungan banyak pihak dan dengan tekad meluruskan cara berbisnis sahabat-sahabat entrepreneur, Kami akan mengadakan Seminar ke 40 kota di Indonesia.

Setelah Jakarta dan Makasar, insyaAllah 25 April ini, kami akan mengadakan Seminar Cara Benar Jadi Pengusaha di Bandung. CP: 085956431919

Salam Cara Benar!

 

Rendy Saputra
Menjadi Direktur KeKe Busana, tidak menghalangi Rendy Saputra untuk menjadi pembicara publik di bidang manajemen, industri dan pengembangan diri. Kang Rendy juga menjadi host di acara TV “Mentoring Bareng Kang Rendy” di YMTV. Anda bisa terhubung dengan Kang Rendy lewat twitter dan email berikut.
Kekayaan Ghoib Perusahaan
Deudeuh dan Revolusi Pemasaran

Comments