Anger Management

Oleh : Rendy Saputra – Managing Director of KeKe Busana

Waktu remaja, saya pernah nonton film tentng direktur yang ngambil konseling anger management. Sebuah terapi bagi para pimpinn perusahaan yang suka marah-marah melebihi ambang batas kewajaran.
Saaat itu, saya mengecilkan konsep terapi ini : “segitunya, marah-marah aja pake diterapi, santai aja kenapa, pake sabar..”
Dahulu saya berfikir demikian…
***
Hari ini, setelah menjadi direktur, akhirnya saya menydari, betapa pentingnya anger management.
Terkadang, karena kesalahan kecil yang sebenarnya tidak fatal, Saya jadi terdorong untuk marah-marah dan berakibat pada kacaunya seluruh rangkaian proses bisnis yang lain.
Ini insight yang saya dapat, jika kita mau masak nasi goreng, dan tak ada telur, toh kita bisa tetap makan nasi goreng tanpa telur. Tetapi berapa banyak direksi yang akhirnya ngamuk gak ketulungan, hingga akhirnya.. masak nasi gorengnya pun tidak jadi.
***
anger management
Marah kadang diperlukan, tetapi.. jika ia merusak seluruh flow bisnis, alangkah baiknya marah nya dikelola dengan bijak. Jangan sampai kemarahan kita, berakibat buruk pada proses bisnis setelahnya.
?Jika terjadi kesalahan pada tim Anda, dan terdapat kemungkinan untuk menjadi lebih baik setelahnya, maka alangkah baiknya kita berfokus pada proses setelahnya. Berfokus saja untuk langkah kedepan bisnis yang masih bisa Anda selamatkan.
Jaga terus semangat tim Anda, Jaga terus fokus tim Anda dan jaga terus kewarasan tim Anda. Jangan sampai ngamuknya Anda merusak segalanya.
“Pagi ini rasanya aku pengen ngamuk, tetapi, sepertinya, ngamuk ku tidak akan membawa banyak solusi. Ndak jadi ngamuk deh” [KR]
anger_child
Rendy Saputra
Menjadi Direktur KeKe Busana, tidak menghalangi Rendy Saputra untuk menjadi pembicara publik di bidang manajemen, industri dan pengembangan diri. Kang Rendy juga menjadi host di acara TV “Mentoring Bareng Kang Rendy” di YMTV. Anda bisa terhubung dengan Kang Rendy lewat twitter dan email berikut.
Tentang Dua Kodi Kartika
Meniru dan Berinovasi

Comments